YUDISIUM FISIK UBK 2017

Alhamdulillah, setelah 4 tahun kuliah dan belajar Ilmu Politik di kampus Universitas Bung Karno Jakarta, akhirnya saya mendapatkan surat kelulusan pada hari ini, tanggal 16 September 2017 dengan nilai IPK 3.34.  Dengan keluarnya surat kelulus tersebut artinya saya mendapatkan gelas S.I.P (Sarjana Ilmu Politik) tapi ini bukan masalah gelar, ini masalah perjuangan. Perjuangan yang mana? Ya, perjuangan panjang untuk bisa menyelesaikan pendidikan S1.

Untuk bisa mencai pendidikan dan mendapat gelar Sarjana Ilmu Politik bukan hal yang gampang bagi saya. Untuk masuk SMA saja, saya harus berjuang keras dan pernah gagal tak mampu melanjutkan pendidikan SMA di SMU Negeri 2 Banjarmasih tahun 97/98, baru 2 tahun kemudian saya bisa melanjutkan sekolah SMA di SMU Negeri Sutojayan Blitar, itupun harus sambil kerja, setiap pagi saya sekolah, pulang sekolah jualan Bakso sampai malam. Perjuangan 3 tahun di Lodoyo Blitar membuat saya lulus SMU tahun 2003. Bermodal niat dan nekad, saya melanjutkan kuliah di Jogja. Masuk Akindo jurusan Broadcasting Radio Televisi tahun 2003, membuat saya hanya bisa "terdaftar" sebagai mahasiswa Akindo.  Bahkan ujian semester 1 pun, saya tidak mengikutinya karena tidak mampu bayar uang kuliah. Tapi Alhamdulillah, di AKINDO saya bertahan 4 tahun lebih, walau tidak resmi menjawa mahasiswa, kebaikan para dosen dan para mahasiswa/i Akindo membuat saya bisa tetap bisa belajar di Akindo. Niat dan tekat saya untuk memperoleh pendidikan sangat tinggi. Saya orang kampung, keluarga miskin yang tak mau menyerah oleh keadaan.

Tahun 2013, saya memutuskan untuk kuliah lagi setelah mendapatkan pekerjaan di Jakarta, kerja sambil kuliah bukan hal mudah, tapi niat dan tekat saya sudah bulet, sebulet telur bebek. Dan akhirnya tahun 2017 saya menyelesaikan pendidikan saya.

Endik Kuswoyo S.I.P tapi sekali lagi ini bukan soal gelar, ini soal semangat, niat dan tekat untuk belajar. Apa sudah cukup dengan gelar S.I.P? Tidak! Saya masih ingin melanjutkan S2 bahkan S3, saya terlahir di Mangirejo Wonosalam Jombang, anak kampung, ndeso, tapi saya tak mau berdiam diri, orang desa juga harus punya ilmu tinggi, agar suatu hari kelak, saya bisa kembali ke Desa membawa ilmu yang bermanfaat tentunya... Amiin...



















































































Endik Koeswoyo
Endik Koeswoyo Scriptwriter. Freelance Writer. Indonesian Author. Novel. Buku. Skenario. Film. Tv Program. Blogger. Vlogger. Farmer

Posting Komentar untuk "YUDISIUM FISIK UBK 2017"


Endik Koeswoyo

SimpleWordPress

 

SimpleWordPress