Siapa Memanfaatkan Letkol. Untung?







Judul: Siapa Memanfaatkan Letkol. Untung?
Penulis: Endik Koeswoyo
Penerbit: Media Presindo
Harga: Rp. 20.000,-



Siapa dalang utama gerakan 30 September?
Dari kesaksian pelaku yang terlibat, gerakan 30 September di tujukan kepada jenderal-jenderal yang tidak loyal terhadap Presiden Soekarno. Itulah sebabnya Letkol. Untung menjadi pemimpin gerakan.

Menurut versi pemerintahan orde baru, Letkol. Untung merupakan ‘orang suruhan’ Aidit. Sementara di lain pihak mengabarkan Letkol. Untung dekat secara pribadi dengan Mayjen Soeharto, sosok yang memberangus gerakan 30 September. Soeharto dikabarkan menghadiri pernikahan Letkol. Untung di Kebumen. Kedekatan ini, menurut analis banyak pengamat, memberi alasan mengapa Letkol. Untung tidak memasukan Soeharto kedalam daftar jenderal yang harus di culik.

Ada pula versi yang mengungkapkan bahwa gerakan 30 September yabg dipimpim Letkol. Untung di prakasai Presiden Soekarno sendiri. Presiden yang merasa jengah dengan perilaku jenderal-jenderal yang tida loyal memerintahkan Untung untuk mengamankan mereka. Namun yang terjadi, muncullah gerakan yang kemudian berjalan di luar kendali pimpinannya sendiri.

Lalu siapa yang sebenarnya memanfaatkan Letkol. Untung?











Endik Koeswoyo
Endik Koeswoyo Scriptwriter. Freelance Writer. Indonesian Author. Novel. Buku. Skenario. Film. Tv Program. Blogger. Vlogger. Farmer

18 komentar untuk "Siapa Memanfaatkan Letkol. Untung?"

  1. Balasan
    1. Kenyataan mengungkap pernyataan yg dibuat utk menutupi kenyataan

      Hapus
    2. Konon katanya sejarah selalu dibuat dan dirakit oleh sang pemenang.

      Hapus
  2. Susahlah terungkap...
    Kemungkinan gak akn terungkap....
    Hanya Allah SWT yg tau......

    BalasHapus
  3. iya sampai saat ini masih blm terungkap tapi rata-rata yang saya baca pasti ada sangkut pautnya dengan pak soeharto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fakta setelah pritiwa Gestapu adlah ungkapan siapa dibalik itu

      Hapus
    2. Sdh jelas Soekarno yg memanfaatkan Untung.
      Soekarno pidato Trang trangan mengatakan merangkul dan mendukung PKI sbagai salah satu cara menyelesaikan setiap permasalahan dlm negara
      Jd Soekarno lah menjadikan Untung sbagai alat penyelesaian masalah. Ternyata gagal saat itu...

      Hapus
  4. dugaan??? :(
    Ayo wisata liburan bersama keluarga, dengan mengikuti paket wisata karimun jawa kita yang termasuk biro wisata karimun jawa berpengalaman karena memberikan paket karimun jawa murah, ada paket backpacker karimunjawa, paket tour 4hari 3malam 3hari 2malam 2hari 1malam, paket karimun jawa kami sangat memuaskan dan berkesan, info tour jadwal kapal ke karimunjava island lebih lanjut bisa menghubungi http://www.karimunjawakita.com, Tapi bila anda ingin belanja online mebel jati atau mebel jepara or furniture jepara yang bisa anda jadikan pilihan karena ada harga perabot murah dari kami, silahkan berkunjung ke website http://www.jeparaapik.com yang juga menjual ukiran jati, kursi tamu meja makan murah almari jati bufet lemari jam bangku minimalis sofa ukir bale-bale kayu dipan antik, terimakasih

    BalasHapus
  5. Saya percaya G30S memang disengaja u/ gagal, agar ada alasan u/ menghabisi 3juta PKI.

    BalasHapus
  6. Mengapa CIA mengakui g30spki hasil konspirasi mereka dengan merekrut alm adam malik

    BalasHapus
  7. Mau pesan bukunya dijual di mana? Di bukalapak sama tokopedia kok enggak ada?

    BalasHapus
  8. https://youtu.be/jxCPdsokgAY
    Coba anda tonton pidato SBY pada youtube diatas, semua jadi tanda tanya besar? Lalu apa tujuanya SBY dengan pidato itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isi video itu SBY berpidato tentang hal apa bang ??
      Saat ini di buka link nya tidak bisa karena videonya di blokir.

      Hapus
  9. Fakta sejarah sudah jelas, tapi banyak orang berasumsi dengan opini pribadi dengan berbagai dugaan dan pendapat pribadi,.. Jelas Letkol Untung berideologi PKI didijan Alimin, terlibat pemberontakan PKI Muso di Madiun September 1948,jadi komandan Resimen Cakrabirawa penganan presiden Sukarno yang bersekongkol dengan gembong PKI Aidit, dari sini jelas Letkol Untung dimanfaatkan oleh PKI pimpinan Aidit,mengapa masih banyak yang berusaha mengaburkan fakta sejarah dengan melontarkan pertanyaan " Siapa memanfaatkan Letkol Untung? "

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada yang namanya ideologi PKI. Yang ada adalah ideologi komunis. Ada banyak pejuang kita yang berideologi komunis, seperti para penculik bung karno yang dibawa ke rengas dengklok, pengetik naskah proklamasi Sayuti Melik dll. Namun mereka bukan anggota PKI, meskipun berideologi komunis.

      Adapun Letkol Untung itu adalah seorang tentara lho, bukan anggota PKI, meskipun seseorang bisa saja bersimpati atas sebuah organisasi, tanpa menjadi anggota organisasi itu.

      Keterkaitan Gerakan 30 september dengan Partai Komunis Indonesia sebenarnya masih samar lho. Siapa coba anggota PKI di gerakan itu ? Nggak ada. Yang melancarkan gerakannya adalah tentara sendiri.

      Namun saya setuju PKI dibubarkan, namun dibubarkan bukan karena G30S, melainkan aksi-aksi mereka di masa lalu terlalu ekstrim dan terlalu keras. Di zaman Kolonial Belanda, mereka yang paling gigih menentang belanda (rajin bikin mogok di perusahaan-perusahaan belanda, paling umum perkebunan). Banyak dari mereka dibuang ke Digul.

      Namun di zaman kemerdekaan, mereka sulit beradaptasi. Bangsa sendiri diterkamnya juga.

      Hapus
  10. Yang memanfaatkan dalam kejadian sejarah ini cuma satu yaitu "SYAITON"

    BalasHapus

Terimakasih Sudah Bersedia Membaca, tuliskan komentar anda dan saya akan berkunjung ke blog anda...


Endik Koeswoyo

SimpleWordPress

 

SimpleWordPress