Recents in Beach

http://www.endikkoeswoyo.com/

Keraton Kadriyah atau ISTANA Kadriyah awal berdirinya Pontianak by Dita...


Pontianak didirikan pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Al Kadrie, yang memiliki garis keturunan Arab. Ia merupakan anak dari seorang Raja di Keselutanan Mempawah , Pontianak Kalimantan Barat.
.
Tak lama setelah ayahnya wafat, Sultan Syarif beserta saudara dan pengikutnya hijrah ketempat lain, untuk mencari hunian baru. Dalam perjalannya menyusuri #SungaiKapuas Sultan berhenti di sebuah muara, antara sungai #Kapuas dengan sungai #Landak. .
Hambatan & rintangan sering dialami Sultan. Hingga pada akhirnya Sang Sultan menembakkan meriam ke beberapa titik disekitarnya. Saat dicari-cari dimana meriam itu jatuh, Sultan pun mendapati meriam di pinggir Sungai Kapuas, diantara hutan-hutan yang sangat lebat.
.
Banyak cerita bermunculan tentang mengapa Sultan Syarif menamai "PONTIANAK" pada lokasi ini. Ada yang bilang bahwa Pontianak adalah sosok Kuntilanak yang kerap mengganggu Sultan dan timnya, hingga ditembak meriam, ada pula yang bercerita bahwa Ponti adalah nama anakan pohon, dan lain-lain.
.
Jika Sultan Syarif Abdurrahman seorang Ulama pandai dan religius, maka mengapa Kuntilanak tidak diusir dengan doa-doa, seperti #AyatKursi, #Dzijir, dll ?
.
Kuntilanak adalah sosok yang dihadirkan Belanda dalam bukunya yang kini berada di Belanda.
.
Sejarah ini pun harus ditelusuri atau dikritisi, oleh kita yang peduli terhadap #sejarah #Indonesia
_____________
#Istana #Pontianak #KeratonPontianak #IstanaKadriyah

Posting Komentar

0 Komentar