twitter @endikkoeswoyo

I Love You itu alat, a miss you itu tujuan -

twitter @endikkoeswoyo

Some time love make me wrong, sometimes love make me strong -

twitter @endikkoeswoyo

Cintai aku dengan caramu, karena aku mencintaimu dengan caraku -

twitter @endikkoeswoyo

Cinta itu tidak penah pergi ke mana-mana, tetapi manusianya yang terkadang memilih pergi -

twitter @endikkoeswoyo

Berdirilah di sampingku, agar kita bisa berjalan bersama, supaya kita bisa saling mengingatkan. Bedirilah di sampingku, agar lebih muda aku melihat senyummu -

Jumat, 02 Desember 2016

Contoh Sinopsis Global SERIAL TELEVISI

SIAPA LAWAN SIAPA KAWAN?
The Series

Sinopsis Global
(Draf 1 : 14-04-2015)

Cerita dan Skenario
Endik Koeswoyo


SINOPSIS GLOBAL 
Dasar ceritanya sederhana, tentang sebuah hubungan. Baik itu hubungan anak-anak dan orang tua, anak dengan anak juga tentang hubungan bertetangga, juga hubungan asmara para pelaku-pelakunya. Kisah-kisah sederhana tentang kejadian sehari-hari di dalam sebuah keluarga, sebuah kampung dan sebuah desa di pinggiran kota Jakarta.

Kisah ini menceritaan tentang keluarga Ustad SALLAD dan BU ATIKKAH yang punya 4 orang anak yang mana semuanya perempuan, cantik-cantik dan punya karakter unik yang berbeda-beda. Yang paling gede namanya NISSA, kalem, sudah bekerja sebagai guru TK dan guru ngaji. Yang kedua SAFFA, kritis, calon pengacara kuliah di ilmu hukum dan tidak suka politik. Yang ke Tiga, ZALLIKA masih sekolah SMU. Si Bungsu yang paling kecil nanya VITTA, jago main bulu tangkis walau masih sekolah SMP, cita-citanya ingin membela Indonesia di Olympiade, penggemar Susi Susanti dan punya impian foto bareng Susi Susanti.

Tetapi kehidupan mereka tiba-tiba berubah ketika USTADZ SALLAD (50 Tahun) “dipaksa” untuk mencalonkan diri menjadi Lurah di desa SATU NAMA itu. Ketika terjadi sebuah persaingan, siapa lawan siapa kawan tidak pernah bisa ditebak, begitu juga dengan cinta.

USTADZ SALLAD sebenarnya menolak rencana pencalonan dirinya, tetapi Warga Desa SATU NAMA sangat berharap desa mereka di pimpin oleh orang baik, orang yang punya dasar keimanan yang kuat, oleh pemimpin yang Amanah, dan satu-satunya harapan Warga adalah sosok USTADZ SALLAD. Ustadz SALLAD dengan rendah hati mengatakan pada pendukungnya, ape iye aye bisa menjadi pemimpin di desa eni? Mimpin keluarge aye aje aye kalang kabut? Tetapi pendukung UTADZ SALLAD yang menamakan kelompok mereka sebagai PARODI, “Persatuan Rakyat Ogah Di Tipu” itu tetep ngotot, bahwa hanya Ustadz Sallad-lah yang bisa menjadi kepala desa. 

Ustadz Sallad dan  Bu ATIKKAH akhirnya membahas hal ini dengan ke 4 putri mereka. NISSA , SAFFA, ZALLIKA  dan VITTA. Pro dan kontra terjadi dalam rapat keluarga itu. 2 anak mendukung dan 2 anak lainnya menolak. Setelah berhari-hari membahas soal pencalonan diri USTDAZ SALLAD sebagai kepala Desa keluarga akhirnya mengambil keputusan dengan Voting. Keputusan tentu saja di tangan BU ATIKKAH, karena beliau yang selama ini netral harus menentukan pilihan. Lalu BU ATIKKAH mengatakan, ada 3 hal yang membuat seorang lelaki berubah, HARTA, TAHTA, WANITA, keluarga kita, Alhamdulillah tidak kekuragan Harta, usaha toko di pasar cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Apalagi USTADZ SALLAD dan keluarganya punya 4 buah toko di pasar, toko barang pecah belah, toko sembako, toko pakain dan dan sebuah warung makan. BU ATIKKAH mengatakan lagi ke anak-anaknya, Walau dengan Harta yang cukup tetapi babe kalian kagak pernah tergoda ame nyang namanye jabatan, apalagi tergoda ame nyang namanye wanita. SAFFA yang statusnya Mahasiswi paling vokal dalam menolak hal ini, dia bilang, Aye tetep kagak setuju, kalau Babe jadi lurah, bla...bla... seua alasan di keluarga, dengan contoh-contoh kasus yang dia liat di televisi. Tetapi VOTING telah dilakukan malam itu, dan keputusannya, keluarga mendukung Ustadz Sallad untuk maju sebagai calon lurah di desa mereka, karena ini adalah Amanah dari WARGA bukan keinginan pribadi.

Dengan cepat kabar pencalonan USTADZ SALLAD menyebar ke penjuru desa. Pendukung ramai-ramai bagun posko, pendukung ramai-ramai galang dana dan menyiapkan segala sesuatunya. Hal ini membuat panas PAK LURAH ADAM, yang akan mencalonkan kembali sebagai lurah. PAK LURAH ADAM segera menyusupkan orang-orang pentingnya ke Dalam kubu  USTADZ SALLAD. BAHKAN USTADZ SALLAD mengutus IBRA, anak-nya yang sekampus dengan SAFFA untuk pura-pura mendukung USTADZ SALLAD agar bisa dapat semua informasi soal lawan mereka itu.

Tapi Ibra tidak pernah mendapatkan informasi yang benar karena SAFFA tetap tidak mau terlibat dalam proses pencalonan Bapaknya. IBRA tidak menyerah, dia terus mendekati SAFFA hingga akhirnya IBRA malah jatuh cinta sama SAFFA. IBRA lupa tugasnya, malah sibuk menarik perhatian SAFFA. Disini konflik cinta mulai dibangun oleh keduanya.

Dengan pencalonan dirnya menjadi Lurah, keluarga USTADZ SALLAD mengalami banyak cobaan. Dari hal paling konyol sampai hal paling mengharukan mereka alami. Kehidupan ke 4 putrinya juga makin rumit. NISSA yang seorang guru TK juga mendapat banyak cobaan, bisikan kanan kiri yang membuat konsentrasinya terpecah. ZALLIKA yang masih SMA juga tidak luput dari masalah, bahkan semua teman-temannya menyudutkan ZALLIKA kalau BAPAK-nya terlalu ambisius. Pun demikian dengan VITTA, anak bungsu Ustadz Sallad ini konstrasinya untuk mengikuti Kejurda Bulu Tangkis terganggu. Sebagai atlet bulu tangkis andalan sekolah, dia beberapa mendapat perlakuan buruk dari IMMAH, anak PAK LURAH ADAM yang merupakan saingan terberat VITTA dalam bulu tangkis.

Masalah Makin Rumit ketika ABDUL, calon suami NISSA tiba-tiba memutuskan hubungan mereka dengan alasan tidak ada lagi kecocokan apalagi Nissa terlalu fokus bekerja dan mengurusi kependingan Bapaknya saja. NISSA menangis sedih. Apalagi belakangan di ketahui ABDUL malah berencana menikah dengan NITA, anak pertama PAK LURAH ADAM. Masalah belum selesai sampai disitu, munculnya kelompok AMAR, anak Pengusaha kaya yang ingin menggusur pasar dan menggantinya dengan Mall membuat masalah makin pelik, apalagi AMAR dan PAK LURAH ADAM sudah punya kesepakatan sendiri.

AMAR dan orang-orangnya sibuk mengacaukan PASAR, mengirim beberapa preman bayaran untuk menjadi penguasa pasar, untuk mempermudah proses penggusuran. Tetapi disini AMAR malah kena batunya, dia dituduh provokator saat kios pakaian milik USTADZ SALLAD terbakar. Untung ada NISSA yang menyelematkan AMAR dari amuk massa. Merasa hutang budi, dan melihat kebaikan hati NISSA, AMMAR malah mengganti semua kurugian Kios pakaian yang dibakar orang-orang suruhannya itu. AMMAR akhirnya jatuh hati sama NISSA, tetapi SAFFA merasa kalau AMMAR bukanlah calon yang tepat, SAAF yang kuliah jurusan hukum malah mencerami AMMAR dengan nada ketus soal mekanisme penggusuran atau alih fungsi lahan dari semula pasar menjadi Mall. Apalagi SAFFA mewakili dan mengatas namankan keluarga terus menyatakan keberatan terhadap rencana AMMAR menggusur pasar, WARGA KAMPUNG punya surat-surat lengkap, atas lahan Pasar yang jadi sengketa, tidak hanya akta jual beli tapi sudah setifikat yg legal dan bla.. bla... SAFFA terus menentang kedekatan AMMAR dan NISSA karena SAAF tidak menyukai AMMAR yang dianggapnya menjadi ancaman buat kesejahteraan masyarakat bawah. SAAF menjelaskan banyak hal mengenai mekanisme penggusuran pada NISSA dan juga AMMAR, dimana pengelola bisa menggusur jika sudah ada keputusan pengadilan tingkat satu, atau dua dengan upaya banding, kasasi melaui MA dan sebagainya, putusan penggusuran atau eksekusi baru bisa dilakukan jika ada kekkuatan hukum tetap atau inkracht. Disini muatan edukasi diselipkan dalam sebuah tayangan. Sehingga lebih berisi, bermakna, serta menambah wawasan pemirsa.

Akan tetapi kehidupan USTADZ SALLAD makin rumit, harus mengurus ke 4 anak putrinya dan mengurus keinginan warga yang menginginkan dirinya menjadi pemimpin. USTADZ SALLAD merasa belum mampu, karena masih banyak masalah-masalah keluarga yang belum bisa dia selesaikan dengan benar, apalagi mempunyai 4 anak semuanya perempuan, banyak fitnah kanan kiri yang menyudutkan keluarganya, lalu apa yang akan terjadi selanjutnya dengan keluarga USTADZ SALLAD? Apakah Bu ATIKKAH sebagai seorang istri mampu meredam masalah keluarga dan masalah ke 4 anak gadisnya? Akankah Ustadz Sallad bisa menjadi Kepala Desa yang baik seperti impian warga desa dengan perasaingan tidak sehat dari kubu PAK LURAH ADAM? Bagaimana perjuangan IBRA untuk mendapatkan cintanya SAFFA? Atau bagaiman kisah perjuangan VITTA untuk bisa mengikuti kejuaran daerah bulu tangkis? Dan apakah yang akan terjadi dengan NISSA dan AMMAR selanjutnya? Apaah mereka akan menjadi kawan atau menjadi lawan? Dan apa yang akan terjadi dengan ABDUL setelah mengetahui NISSA dekat AMMAR, anak kota perlente yang misterius itu?  Dan bagaimana hubungan antar tetangga yang terjadi selanjutnya? Saksikan kisah drama mengharu biru yang dibumbui komedi satir “SIAPA LAWAN SIAPA KAWAN?” di televisi kesayangan anda.
























KARAKTERISASI:


1.  NISSA (21 tahun)
Anak pertama USTADZ, cantik, berjilbab. Melankolis, memiliki rasa seni yang tinggi, kemampuan analistik yang kuat, perfecsionis, sensitif, berbakat, dan rela berkorban untuk adik-adik dan keluarganya. Punya calon suami, namanya ABDUL, putus lalu dekat dengan AMMAR.

2. SAFFA (17 tahun)
Anak kedua Ustadz SALLAD. Plegmatis, merupakan seseorang yang memiliki sifat alamiah pendamai, tidak suka kekerasan, merupakan orang yang mudah di ajak bergaul, ramah dan menyenangkan, ia adalah seorang yang humoris. Tetapi tegas. Calon pengacara, masih kuiah jurusan Hukum. Didekat oleh IBRA, anak PAK LURAH ADAM.

2.  ZALLIKA (16 Tahun)
Anak ketiga USTADZ SALLAD. Sanguin, tipe orang yang sangat bersemangat, selalu ceria dan hangat dan bersahabat selalu menikmati hidup. Juara kelas, dapat beasiswa. Masih bimbang untuk pakai jilbab atau enggak, jadi pakai jilbabnya kadang-kadang aja. Bingung milih pacar, karena banyakyang naksir. Masih sekolah SMU.

4. VITTA (14 tahun)
Anak ke Empat Ustadz Sallad. Koleris, si kuat sosok yang memiliki kemampuan keras dalam mencapai sesuatu, sangat berapi-api, aktif praktis, cekatan, mandiri dan sangat independen, tegas dan keras dalam mengambil keputusan. Suka bermimpi, dinamis, aktif, suka perubahan dan suka mengkoreksi kesalah. Pandai bermain bulu tangkis. Punya cita-cita jadi pemain nasional dan ikut Olympiade, penggemar Susi Susanti dan pengen banget foto bareng Susi Susanti.

5. USTADZ SALLAD (50 tahun)
Ustdaz yang paling di hormati di kampung, baik dan kharismatik, selalu berpenampiln sederhana walau hidupnya berkecukupan. Bapak yang selalu adil dalam memperlakukan anak-anakya. Penyanyang dan lemabh lembut. Santun, serta dekat dengan masyarakat sekitar.

6. BU ATIKKAH (48 Tahun)
Istri Ustadz Sallad. Ramah, pengertin, pandai mencari solusi dalam rumah tangga. Sayang anak, dan gemar menyiram bunga. Sering dijadikan panutan ibu-ibu tetangga karena rajin ibadah dan sangat menghormari suaminya.

7. AMMAR (22 tahun)
Anak pengusaha sukses, sedikit urakan walau pada dasarnya anak yang baik, tegas karena tuntutan dari orang tuanya membuat kehidupan AMMAR salah. Sering melakukan kesalahan, cepat mengambil keputusan. Nantinya tobat karena jatuh cinta sama NISSA.

8. PAK LURAH ADAM (60 Tahun)
Ambisius, kepala Desa yang akan mencalonkan ulang. Punya tiga orang anak, NITTA, IBRA dan IMMAH. Duda mata keranjang, mata duitan dan suka ngatur. Pemimpin yang menghalalkan segala cara. Culas dan licik. Tegas dan arogan. Suka menyombongkan diri karena jabatannya.

9. IBRA (17 tahun)
Anak PAK LURAH ADAM, baik, tetapi selalu di tekan oleh Bapaknya. IBRA Jatuh cinta sama SAFFA. Pemalu, jujur. Teman Kuliah SAFFA, beda jurusan, IBRA jurusan ekonomi. Sederhana walau dari keluarga kaya.

10.SOMMAD (22 tahun)
Pemuda Desa, sifatnya abu-abu. Bisa kekanan bisa ke kiri. Mudah dipengaruhi. Calon suami NISSA, tetapi kemudian mutuskan NISSA karena pengarh dari PAK LURAH ADAM yang ingin menjodohkan SOMMAD dengan NITA anaknya.

11. IMMAH (14 tahun)
Anak pintar di sekolah, tetapi nakal dan manja. Bersaing degan VITTA dalam bidang bulu tangkis di sekolah. Menghalalkan segala cara, karena sering kali terpengaruh oleh sifat Bapaknya.

12. NITA (21 tahun)
Cantik, anak pertama PAK LURAH ADAM. Plin-plan, gampang iri. Suka belanja dan menghamburkan uang. Sombong dan suka sekali ngomentari orang disekitarnya. Merebut ABDUL dari NISSA, lalu ingin merebut AMMAR dari NISSA.



KETERANGAN:
Sinopsis FILM LAYAR LEBAR ini BELUM diproduksi. Jika anda membutuhkan sinopsis untk film layar lebar atau film televisi silahkan menghubungi saya selaku penulis via email: endikkoeswoyo@gmail.com.


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Bersedia Membaca, tuliskan komentar anda dan saya akan berkunjung ke blog anda...

KREDIVO

Popular Posts

SKENARIO By Endik Koeswoyo - COMINGSOON 2014 at THEATERS

SKENARIO By Endik Koeswoyo - COMINGSOON 2014 at THEATERS

SKENARIO By Endik Koeswoyo - 17 APRIL 2014 at THEATERS

SKENARIO By Endik Koeswoyo - 17 APRIL 2014 at THEATERS

twitter @endikkoeswoyo

Berdirilah di sampingku, agar kita bisa berjalan bersama, supaya kita bisa saling mengingatkan. Bedirilah di sampingku, agar lebih muda aku melihat senyummu -

IKLAN