EKSISTENSI CITA-CITA DAN ISI PERUT

EKSISTENSI CITA-CITA DAN ISI PERUT


Aku lahir di Wonosalam Jombang 15 Agustus 1982. Lahir dari keluarga miskin tidak membuatku putus asa. Semasa kecil aku lalui dengan bahagia bersama kakaku Bagus Darianto dan tentu saja teman-temanku di SDN Wonosalam IV Jombang, sebuah sekolah dasar yang jaraknya sekitar 2.000 meter dari rumahku. Pagi aku kesekolah jalan kaki, lewat jalan berbatu, pulangnya biasanya lewat jalan setapak di hutan karet sambil nyari jamur atau tumbuhan paku buat makan siang atau makan malam sepulang sekolah. Setelah lulus SD,  aku melanlanjutkan ke SLTPN Wonosalam I dengan bantuan biaya dari Keluarga Sudijarsono, kepala Desa Wonosalam waktu itu. Setelah tamat SMP aku Hijrah ke Kota Banjarmasin menyusul ibu. Kono menurut cerota Mak Tua -Nenek dari Ibuku yang merawat aku sejak bayi- Bapak dan Ibuku bercerai saat usiaku 3 bulan, dan sejak usia 3 bulan itulah aku ikut Nenek yang aku panggil Mak Tua. Aku sempat mengenyam bangku sekolah menengah di SMUN II Banjarmasin, namun tidak sampai tamat di karenakan faktor biaya. Aku pulang ke Jombang karena aku sangat merindukan Mak Tua dan Mas Bagus kakakku yang sejak kecil selalu bersamaku itu.

Aku masih ingat betul, tahun 1999 aku memutuskan untuk mencari Bapakku di Kota Bumi, Bandar Lampung. Modal  Bismillah, aku berangkat ke Kota Bumi naik bus Handoyo. dari Blitar ke Lampung, entah berapa lama aku menempuh perjalan itu, yang aku ingat aku tiba di Kota Bumi sudah sore. Lagi-lagi aku tidak mampu menahan rindu terhadap Mak Tua. Aku hanya bertahan 8 bulan di Lampung, bersama Bapak dan Mas Budi, kakakku yang nomer satu. Aku anak paling kecil, dari 3 bersaudara. Semuanya laki-laki, Budi Harianto, Bagus Darianto, dan Endik Koeswoyo. Kalau di total sebenarnya aku punya 6 Saudara. Ibuku menikah lagi, mempunyai 2 orang anak, Mirnawati, Almarhum adikku yang cantik, meninggal ketika bersusia 9 Tahun. Lalu Muhammad Rifani, adalah anak kedua ibuku dengan suami barunya. Bapakku juga menikah lagi setelah berpisah dengan ibuku, punya satu anak laki-laki, namanya Arif.



Tahun 2000 aku memutuskan untuk melanjutkan sekolah di SMU N I Sutojayan Blitar. Pagi aku sekolah, sepulang sekolah harus bekerja sebagai buruh dagang, jualan bakso di alun-alun kota Lodoyo Blitar. Dan dengan itulah, aku mampu merampungkan sekolahku. Aku alumni III Bhasa SMUN Sutojayan Blitar, kemudian melanjutkan kuliah ke AKINDO Jogjakarta. Lagi-lagi karena biaya, kuliahku kandas. Aku pernah bekerja dari satu tempat ke tempat yang lain sembari terus menulis. Impianku yang kuat,membuat aku terus bertahan di kota Jogja, dan aku mulai menulis dan belajar menulis di kota Jogja.

Sejak 2008 aku bersama teman-teman kuliah mendirikan sebuah Production House bernama Lookout Picture Indonesia. Aku memilih untuk hidup di kota Yogyakarta setelah nenek tercinta, Mak Tua meninggal di tahun 2006. Pesan terakhir Alm. Nenek tercinta jelas dan selalu aku ingat: "Menulislah Yang Bermanfaat!" dan pelan namun pasti, Aku berusaha mewujudkan pesan nenek tercinta yang telah mengasuhku sejak aku berusia 3 bulan. Kini aku sedang berusaha merampungkan kuliah S1-nya di FISIP Universitas Bung Karno, Jakarta. Karena sejak tahun 2012 aku memutuskan hijrah ke Jakarta dan mendapatkan kontrak eksklusive di Sinemart PH sebagai penulis Skenario. Kerudung Dari Ustadz adalah TVM produksi Sinemart pertama yang aku tulis dan tayang di RCTI. Selain itu aku terlibat dalam penulis skenario sinetron Tendangan Dari Langit The Series, Berkah, Akibat Pernikahan Dini yang diproduksi Sinemart untuk RCTI.

Tahun 2013 aku juga menjadi supervisi Sinetron Tafakur Cinta (Indosiar) produksi Amanah Surga. Kini aku memutuskan menjadi penulis skenario freelance dan aktif di Demi Istri Production, dan menulis Skenario untuk FTV dan film layar lebar. Beberapa skenario layar lebar yang sudah aku tulis; Me And You Versus The World (Rapi Film 2013) Impuls The Movie (Ganesha Perkasa Film 2013)  Garuda Tanpa Sayap (Buana Lestari Film 2013) yang InsyaAllah akan tayang tahun 2014. Salah satu novelku yang judulnya #CeritaCinta juga dalam proses Pra Produksi untuk segera di filmkan. Selain film, aku  juga terus menulis FTV di berbagai stasiun televisi serta tetap menulis novel.

Aku dididik untuk tidak pernah boleh menyerah pada keadaan, nasib atau apapun namanya. Aku selalu yakin Allah Maha Segalanya...

Nah berikut ini beberapa karya tulisku....

Novel dan Buku:
1. Novel Cowok Yang Terobsesi Melati (Diva Press 2006)
2. Novel Cinta Selebar Kerudung (Sketsa 2007)
3. Novel Tersesat Di Surga (Sketsa 2007)
4. Buku Siapa Memanfaatkan Letkol Untung (Media Pressindo 2008)
5. Kumpulan Komik Pak Gempa (ArusKata 2008)
6. Novel Hijrahnya Cinta (Pustaka Fahima 2008)
7. Novel Kaldera: Ketika Cinta Bicara Cinta (Bisnis 2030 2009)
8. Kolaborasi JPI Sebilah Sayap Bidadari (Pustaka Fahima 2010)
9. Novel Doa Untuk Dinda (Gara Ilmu 2010)
10. Buku Kisah Raja - Raja Legendaris Nusantara (Gara Ilmu 2010)
11. Novel Cinta di Ujung Hati. Roemah Buku SSA.Co.Ltd Taiwan (2010)
12. Novel Menggenggam Impian (Diva Press 2011)
13. Novel Cinta Is Anu (Laksana 2011)
14. Novel Cintaku Nyangkut Di Fesbuk (Laksana 2011)
15. Novel Catatan Jomblo Galau (Diva Press 2012)
16. Novel The Prince Of Blangkon (Diva Press 2012)
17. Novel Pacar Isi Ulang (Diva Press 2012)
18. Novel Ajaibnya Cewek (Diva Press 2012)
19. Novel Lajang-Lajang Pejuang (Diva Press 2013)
20. Novel Biografi Endank Soekamti 'Angka 8' (Diva Press 2013)
21. Novel #CatatanKaki (Diva Press 2013)
22. Novel Maaf, Aku Lagi Jatuh Cinta (Diva Press 2013)
23. Novel #CeritaCinta (DeTeens 2013)

Skenario FTV:
1. TVM RCTI "Kerudung Dari Ustdz" (Sinemart)
2. Bioskop Indonesia Trans TV: "Panggilan Tak Terjawab" (Rapi Film)
3. Bioskop Indonesia Trans TV: "Lukisan Merah" (Rapi Film)
4. Bioskop Indonesia Trans TV: "Gaun Pengantin" (Rapi Film)

Skenario Film Bioskop:
1. Impuls The Movie (Ghanesa Perkasa Film)
2. Me And You Versus The World (Rapi Film)
3. Cerita Cinta (SMN)
4. Garuda Tanpa Sayap (Buana Lestari Film)


Terimakasih telah mengunjungi blog yang sederhana ini. Untuk informasi penulis, kerja sama seminar penulisan, workshop penulisan, dan pengisi acara seputar penulisan, kerjasama penulis dan penerbit, penulisan naskah dan beberapa naskah yang siap terbit hingga curhat tentang penulisan bisa langsung menghubungi Endik Koeswoyo via twitter @endikkoeswoyo









Salam Budaya: @endikkoeswoyo Mari Mencintai Indonesia Apa Adanya MANFAATKAN BLOG ANDA DENGAN MENGIKUTI KUMPUL BLOGER
Endik Koeswoyo
Endik Koeswoyo Scriptwriter. Freelance Writer. Indonesian Author. Novel. Buku. Skenario. Film. Tv Program. Blogger. Vlogger. Farmer

Posting Komentar untuk "EKSISTENSI CITA-CITA DAN ISI PERUT"


Endik Koeswoyo

SimpleWordPress

 

SimpleWordPress