Banyak Penerbit Cari Penulis

Tahukah anda bahwasanya di Indonesia ada ratusan penerbit? Dan tahukah anda bahwasanya dalam satu tahun 1 penerbit minimal harus menerbitkan 50 judul buku untuk bisa bertahan hidup? Dan tahukan anda jumlah penulis di Indonesia?
Jika ada 100 penerbit yang dalam satu tahunnya 1 penerbit harus menerbitkan 50 judul buku, maka 100 dikalikan 50 adalah 500 judul buku yang harus diterbitkan. Jika rata-rata 1 buah buku ditulis dalam waktu 3 bulan maka, 500 judul dibagi 3 dibutuhkan penulis sebanyak 1.666 penulis untuk memenuhi target penerbit. Itu jika penerbitnya hanya 100 saja.
Kita ambil sebuah tajuk pameran buku, 300 penerbit, ribuan buku atau ratusan penulis. Kita sederhanakan untuk memilih satu tajuk, 300 penerbit hadir di kota anda. Maka dari 300 penerbit tersebut dikalikan 50 adalah 15 ribu judul buku yang diterbitkan dalam satahun.
Contoh lain, penerbit Media Presindo Group Misalnya, dalam satu tahun yaitu tahun 2008 telah menyiapkan 300 judul buku untuk diterbitkan. Tahukah anda berapa penulis yang sudah mengrimkan naskahnya ke Media Presindo? Yang saya tau, dalam sebuah acara pertemuan penulis Media Presindo yang hadir kurang dari 50 orang. Maka, anda berkesempatan untuk menulis dan menjadi penulis Media Presindo group.
Ingin jadi penulis?
Caranya bagaimana? Gampang dan sederhana, ambil telpon dan tekan noemrnya media persindo. Biasanya ada di bagian belakang cover buku terbitan kelopmpok Media Presindo, jadi beli aja bukunya Media Presindo atau penerbit yang anda sukai. Telpon dan berbincanglah dengan tim Redaksinya. Maka anda akan mendapatkan banyak keterangan dari media penerbit tersebut.
Berita ini dirangkum dari sebuah obrolan tentan pencarian naskah bestseler yang diadakan Media Presindo dan IKAPI dalam Jogja Book Fair 2008. Penulis (Endik Koeswoyo) menyerahkan rencana naskah dalam acara tersebut. Dalam waktu kurang dari 1 bulan sudah ada kabar bahwa rencana naskah yang hanya 10 halaman itu di terima untuk diterbitkan oleh MedPres Group dan saat ini dalam proses penulisan lebih lanjut. Mohon doa restu.
Endik Koeswoyo
Endik Koeswoyo Scriptwriter. Freelance Writer. Indonesian Author. Novel. Buku. Skenario. Film. Tv Program. Blogger. Vlogger. Farmer

Posting Komentar untuk "Banyak Penerbit Cari Penulis"


Endik Koeswoyo

SimpleWordPress

 

SimpleWordPress