twitter @endikkoeswoyo

I Love You itu alat, a miss you itu tujuan -

twitter @endikkoeswoyo

Some time love make me wrong, sometimes love make me strong -

twitter @endikkoeswoyo

Cintai aku dengan caramu, karena aku mencintaimu dengan caraku -

twitter @endikkoeswoyo

Cinta itu tidak penah pergi ke mana-mana, tetapi manusianya yang terkadang memilih pergi -

twitter @endikkoeswoyo

Berdirilah di sampingku, agar kita bisa berjalan bersama, supaya kita bisa saling mengingatkan. Bedirilah di sampingku, agar lebih muda aku melihat senyummu -

Minggu, 20 Oktober 2013

DIBALIK PROSES PENULIS Novel #CERITACINTA

DIBALIK PROSES PENULIS Novel #CERITACINTA


 #JumatWawancara bersama @EndikKoeswoyo dan @deraa93 tentang #CeritaCinta



1. Sebenarnya, #CeritaCinta ini buku tentang apa sih? Semacam biografinya @deraa93 ataukah kumpulan curhatnya, atau cerpen karyanya, atau yang lain?

Jawab: #Cerita cinta adalah novel yang menceritakan tokoh bernama Dera bersama 2 sahabatnya Ola dan Karin. Sebuah novel dengan tema persahabatan dan cinta.

2. Bagaimana prosesnya sehingga Kang Endik mendapatkan kehormatan bisa bekerja sama dengan @deraa93 dan kawan-kawan dalam menyusun #CeritaCinta?

Jawab: Bermula dari keinginan sutradara muda @dienan_silmy untuk membuat sebuah film layar lebar, nanti pemainnya @deraa93. Jadi ada keinginan buat film, ada yang main, saya bertugas membuat cerita. @dienan_silmy adalah sahabat saya, kita kenal saat membuat Sinetron gitulah.

3. Awalnya bertemu di mana? Dan siapa yang punya ide untuk menulis #CeritaCinta?

Jawab: Dari keinginan @dienan_silmy membuat film, akhirnya kita diskusi, temanya tentang cinta dan persahabatan. Karena @deraa93 adalah penyanyi dan belum pernah acting, kami sepakat karekter di film yang menyesuikan pemain. Setelah tema kita sepakati saya dikenalkan oleh @dienan_silmy ke @deraa93. Saya mulai meriset karakter @deraa93 itu seperti apa? Saya ajak ngopi-ngopi, d@deraa93 mulai curhat. Mulanya @deraa93 malu-malu, lama kelamaan semua diceritakan. Hingga akhirnya saya memutuskan 2 sahabatnya @olarosaa dan @karinachristy_ harus terlibat.  Menurut saya @olarosaa dan @karinachristy_ itu punya peran penting dalam kehidupan @deraa93. Akhirnya 3 orang itulah yang saya kepoin sekitar 2 bulan, masing-masing punya cerita unik tentang cinta.

4. Apa latar belakang di balik proyek #CeritaCinta?

Jawab: Latar belakangnya sebenarnya adalah keinginan kami untuk membuat sebuah film layar lebar. Saya menulis sekenarionya, setelah jadi skenario saya punya ide untuk membuat versi novelnya.  Dan semua sepakat, termasuk @SMN-channel yang menaungi @olarosaa dan @deraa93 kasih dukungan.

5. Keunggulan apa yang ditawarkan dari #CeritaCinta? Keistimewaan apa yang ada padanya yang membuat buku ini wajib punya?

Jawab: Ceritanya kita banget, karena hasil curhatan trio jebret yang rata-rata pernah “gagal” membangun mahligai cinta. Dera, Ola dan Karin punya kisah yang berbeda, mereka dipertemuan oleh waktu, jadilah sahabat. Siapa di dunia ini yang nggak pernah jatuh cinta? Siapa yang nggak punya mantan?

6. Bisa diceritakan proses kreatif penyusunan #CeritaCinta?

Jawab: Dari hasil curhatan, lalu saya membuat treatment kasarnya, membuat alur cerita yang menarik. Lalu menyusun dimensi waktu, dimana cerita ini dimulai dari tahun 2008 ketika @deraa93 masih SMU sampai kuliah. Saya memperdalam karakter masing-masing, dari hasil curhatan saya dramatisir semenarik mungkin.

7. Bagaimana proses penggarapan #CeritaCinta? Maksudnya, apakah mas Endik bertemu langsung dengan kak @deraa93 trus diskusi, atau via media social, atau bagaimana?

Jawab: Saya ketemu Trio Jebret itu puluhan kali, bahkan saya maksa @deraa93 untuk menunjukkan lokasi-lokasi di mana dia dulu pernah pacaran. Bahkan saya @deraa93, @olarosaa dan @karinachristy_ ke Puncak, ke Cianjur dan ke sekolahannya @deraa93. Di Puncak @dera93 bilang ada tempat indah, ada danau dan rumah pohon yang sering dia datengin dulu kalau galau. Kita dengan naik turun gunung jalan kaki, eh rumah pohonnya tinggal pakunya doang. Saya benar-benar meriset karakter, sampai lokasi dimana @deraa93 pernah punya kenangan indah. Selain ketemu, kita juga sering BBM dan telpon.

8. Apa kesulitan yang paling sering dihadapi saat menggarap #CeritaCinta?

Jawab: Kesulitannya sebenarnya cukup banyak, dari cerita yang sepenggal-penggal itu harus saya dramatisasi, dan saya gabungkan. Ada 3 tokoh, yang harus menyatu dan punya ikatan kuat, itu berat menyatukannya. Dari curhatan yang biasa saja, harus saya jadikan luar biasa. Dari sekedar banyolan,harus saya jadikan seolah nyata.

9. Adakah pengalaman paling berkesan saat mengerjakan #CeritaCinta?

Jawab: Saat kepuncak, pertama merasa dikibulin soal rumah pohon yang tinggal puing-puingnya. Di sana kita juga harus turun dari mobil dan jalan kaki karena mobilnya pendek, jalanan masih batu. Kita nembus kebon teh, capek dan yang dituju nggak ada, KECEWA. Saat mau main gantole, eh hari itu nggak beroparasi, ini kesan buruk kali ya? Kesan baiknya sangat banyak, mereka bertiga nggak seperti artis, mereka asik jalan sama saya ke mall. Mereka bisa hahahihi sambil nongkrong di cafee, walau semua mata menatap aneh, siapa tuh cowok? Sopir?. Bahkan kita ber4 muter-muter di Depok cari studio foto buat cover, pointnya kita berjuang bersama. Ola, Karin sangat mendukung Dera dan saya, apapun yang saya butuhkan untuk cerita, mereka “menyediakan”.

10. Ada saran atau ucapan titipan dari Kak @deraa93 untuk seluruh followers dan @dheractions di luar sana?

Jawab: Terimakasih sudah mendukung Adek Dera selama ini, tanpa kalian aku hanyalah asap klalpot kopaja. Trus Beli novelnya, ceritakan ke temen-temenmu kalau kalian ngerasa novel ini bagus.  Trus doakan novelnya bestseller dan filmnya box office .

 Terima kasih.

Sumber Berita:
https://www.facebook.com/notes/penerbit-diva-press/jumatwawancara-bersama-endikkoeswoyo-dan-deraa93-tentang-ceritacinta/609835352391586

FOTO-FOTO SAAT MENCARI RUMAH POHON

 TARAAA!!! Inilah rumah pohon yang sangat indah itu. 
Lihatlah Foto di atas ini, ada pohon dan puingnya doangkan? Dan perhatikan tampang cengoknya Dera yang sok sibuk sama cameranya.

DAN BERIKUT INI PROSES MENUJU KE RUMAH POHON ITU

 Disini saya sudah turun dari mobil, dan Dera masih meyakinkan kalau rumah pohon itu tidak jauh lagi.

 Di pertigaan jalan, sudah di puncakbukit, Dera celingukan lupa arah ke rumah pohon. Masih ngotot rumah pohon yang indah itu sudah dekat.

 Dan, lagi-lagi aku harus turun dari mobil dan jalan kaki... noh mobilnya udah jauh ninggalin.

Setelah dari rumah pohon kita ke air terjung, muter-muter ga nemu juga. Eh malah foto-foto disini mereka. 

Salam Budaya: @endikkoeswoyo Mari Mencintai Indonesia Apa Adanya MANFAATKAN BLOG ANDA DENGAN MENGIKUTI KUMPUL BLOGER

5 komentar:

  1. penasaran sama bukunya. Berharap kayak catatan kaki nih storynya.

    BalasHapus
  2. Hehhehe... terimakasih... sudah beredar kok

    BalasHapus

Terimakasih Sudah Bersedia Membaca, tuliskan komentar anda dan saya akan berkunjung ke blog anda...

Popular Posts

SKENARIO By Endik Koeswoyo - COMINGSOON 2014 at THEATERS

SKENARIO By Endik Koeswoyo - COMINGSOON 2014 at THEATERS

SKENARIO By Endik Koeswoyo - 17 APRIL 2014 at THEATERS

SKENARIO By Endik Koeswoyo - 17 APRIL 2014 at THEATERS

twitter @endikkoeswoyo

Berdirilah di sampingku, agar kita bisa berjalan bersama, supaya kita bisa saling mengingatkan. Bedirilah di sampingku, agar lebih muda aku melihat senyummu -

IKLAN