twitter @endikkoeswoyo

I Love You itu alat, a miss you itu tujuan -

twitter @endikkoeswoyo

Some time love make me wrong, sometimes love make me strong -

twitter @endikkoeswoyo

Cintai aku dengan caramu, karena aku mencintaimu dengan caraku -

twitter @endikkoeswoyo

Cinta itu tidak penah pergi ke mana-mana, tetapi manusianya yang terkadang memilih pergi -

twitter @endikkoeswoyo

Berdirilah di sampingku, agar kita bisa berjalan bersama, supaya kita bisa saling mengingatkan. Bedirilah di sampingku, agar lebih muda aku melihat senyummu -

Senin, 12 Mei 2008

Tips Lolos Ujian

Ujian? Sebuah kata yang sangat berat untuk di bicarakan atau malah sebuah kata yang menyenangkan? Sedikit membahas soal Ujian Akhir Nasional SD, di sana yang di ujikan adalah Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia. Kok Agama nggak ada ya? SD SMP dan SMU tidak ada Ujian Akhir Nasional ga ada Agamanya? Wah berbahaya dong ini? Pintar Tanpa Aklak? Mau bikin generasi yang doyan KKN?
Dari pada ngobrlolin soal KKN yang udah mendarah daging, sebaiknya kita membahas tips singkat soal Ujian. Ujian apa saja, bisa ujian semester atau ujian apa saja deh.

Berikut ini beberapa tips ringan sukses mengerjakan ujian. Berikut ini cara mudah untuk mengerjakan ujian, berikut ini tips sinkat lolos ujian. Dan berikut ini sebuah tips yang ditulis berdasarkan sebuah pengalaman panjang di mana saya -Endik Koeswoyo- mengerjakan 8 mata kuliah yang di ujikan, tanpa belajar sedikitpun, tanpa tau apa itu isi mata kuliah, tanpa pernah membaca buku kuliah sedikitpun. Dan saya tidak pernah tau siapa dosen saya. Percaya? Demi bangsa ini yang bingung mikirt ujian, saya menjadikan diri saya sendiri kelcinci percobaan. Tanpa bekal apa-apa, tanpa bekal sedikitpun saya masuk kelas bermodal pensil 2B bolpoin dan penghapus yang hanya sepotong. Semuanya saya pinjam. Tanpa tau soal apa yang akan di ujikan, saya dengan senang hati masuk ruangan ujian. Dan berikut ini tips untuk mengerjakan semua soal itu. Hampir semua soal berjumlah 50 pertanyaan pilihan ganda.

0. Berdoa terlebih dahulu. Berdoalah menurut agama dan keyakinan masing-masing.

1. Yakin. Untuk bisa mengerjakan soal yang di ujikan, kita harus punya keyakinan bahwa kita bisa mengerjakan semua soal dengan mudah. Yang anda lakukan bukanlah menyiapkan contekan, bukan membeli jawaban, atau main joko, atau air dari dukun yang berisi mantra-mantra gaib tapi cukup rasa percaya diri bahwasanya saya bisa mengerjakan soal ujian itu dengan mudah. Ya, percaya diri dan sebuah keyakinan bahwasanya saya bisa mengerjakan semua soal.

2. Yakin.Keyakinan harus mantap. Jika sudah yakin maka tersenyumlah ketika memasuki ruang ujian. Jangan gelisah atau bingung karena jika anda gelisah, kecerdasan otak akan menurun hingga 30%. Jika anda bingung kecerdasan otak akan menurun 20% jika anda nerfeus kecerdasan otak akan menurun 20%, jika anda ragu-ragu sisa kecerdasaan otak otak anda adalah nol koma 1 % (0,1%)

3. Yakin. Sekali lagi tumbuhkan rasa yakin di benak kita bahwa kita bisa dan mampu. Keyakinan kita akan membuat otak semakin encer dalam berpikir. Jika kecerdasan kita di ukur dengan bilangan adalah 60, dengan keyakinan kecerdasan otak kita bisa menjadi 120. Percayalah. dan yakinlah. Yakinlah bahwa kita akan bisa mencapai nilai maksimal. Keyakinan kita yang paling minimal adalah kita mampu mengerjakan dengan nilai paling minimal untuk lolos ujian. Sisanya adalah bonus. Sisanya adalah kecerdasan kita yang terpendam. Jika untuk lolos kita di wajibakan punya nilai 7, maka kita harus yakin bahwa nilai 7 sudah di tangan, sebelum soal kita kerjakan.

4. Menghitung Waktu. Berapa waktu yang kita butuhkan untuk membaca soal? 1 soal 1 menit? 1 soal 2 menit? Kita harus bisa memprediksi kecepatan kita membaca soal. Semisal 1 soal kita baca selama 2 menit. Otak berpikir untuk memilih jawaban 2 menit. Maka 1 soal membutuhkan waktu 4 menit. Hitung waktu anda untuk mengerjakan 50 soal. Yaitu 4 menit kali 50 soal. Hasilnya adalah 200 menit. Jadi dengan waktu rata-rata 90 menit kita hanya mampu mengerjakan 22 soal. Jadi kita harus mampu membaca satu soal hanya dalam waktu 1 menit dan memberikan jawaban dalam waktu 0,8 menit untuk meberikan jawaban. Dan ketika bel berakhir berbunyi maka semua soal akan selesai. Kapan mengsisi nama dan lain-lain di lembara jawaban? Secepatnya. Jangan membuang waktu. Hitung waktu ujian dengan kemampuan baca kita.


5. Mengerjakan di Soal terlebih dahulu. Ketika soal sudah di bagikan, langsung baca dan peganglah pensil anda. Baca soal dan langsung berikan jawaban di soal tersebut. Jangan takut untuk mencorat-coret soal, karena kebanyakan soal boleh untuk di coret-coret. Kalau soal tidak boleh di coret, coret saja pakai pensil, nanti di hapus. Hampir semua soal pilihan ganda, maka pilihlah jawaban yang paling tepat. Jika dalam 1 soal ada 2 jawaban yang anda anggap laing tepat, coret / tandai kedua jawaban itu. Semisal jawaban yang menurut anda benar adalah A dan C maka tandai kedua jawaban tersebut, dan pastikan bahwa salah satunya adalah pilihan yang paling tepat dengan memberikan tanda khusus, semisal jawan paling tepat di beri tanda lingkaran dan jawaban yang kurang tepat di beri tanda menyilang. Dengan mengerjakan di soal terlebih dahulu kita akan mempunyai kebebasan untuk memilih dan perasaan lebih tenang. Dengan mengisi di lembar soal terlebih dahulu anda menghemat waktu untuk menoleh dari lembar soal ke lembar jawaban. Tahukan anda berapa waktu yang anda hemat? Dengan mengerjakan di lembar soal tanpa menoleh dari lembar soal ke lembar jawaban dan sebaliknya anda meng hemat waktu lebih dari 20 menit. Dan yang terpenting, konsentrasi anda tidak terganggu oleh kerakan kepala dari soal ke lembar jawaban dan dari lembar jawaban ke soal.

6. Jika sudah selesai memberikan jawaban di lembar soal, kini saatnya mengisi lembar jawaban. Baca sekali lagi soal untuk memastikan jawaban anda lalu isi lelmbar jawaban anda sesui dengan apa yang telah anda isikan di lembar soal yang tadi. Dan percaya atau tidak, dengan cara konfesional -dimana anda membaca lembar soal lalu mengisi lembar jawaban dan kembali ke lembar soal- konsentrasi kita berkurang 20%. Jika kita fokus pada satu lembar maka konsentrasi kita bisa bertahan 80% sampai semua soal kita kerjakan.

7. Jika sudah terisi semua, koreksi sekali lagi. Koreksi jawaban anda yang ada di lembar soal. Jika yakin salah, ubahlah jawaban anda. Biasanya soal yang satu dengan yang lainnya berhubungan, itu kelebihan jika kita memngerjakan soal ujian di lembar soal secara langsung. Jika ada soal yang berhubungan kita bisa langsung tau dan ingat tempatnya. Selamat mencoba dan tunggulah hasil ujian saya.

Hasil ujian, draf nilai saya akan saya posting di sini apapun hasilnya. Dan sebagai kelinci percobaan, saya menyarankan anda menunggu hasil nilai ujian saya untuk menerapkan tips sukses mengerjakan soal ujian di atas. Gampang kan?


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Bersedia Membaca, tuliskan komentar anda dan saya akan berkunjung ke blog anda...

KREDIVO

Popular Posts

SKENARIO By Endik Koeswoyo - COMINGSOON 2014 at THEATERS

SKENARIO By Endik Koeswoyo - COMINGSOON 2014 at THEATERS

SKENARIO By Endik Koeswoyo - 17 APRIL 2014 at THEATERS

SKENARIO By Endik Koeswoyo - 17 APRIL 2014 at THEATERS

twitter @endikkoeswoyo

Berdirilah di sampingku, agar kita bisa berjalan bersama, supaya kita bisa saling mengingatkan. Bedirilah di sampingku, agar lebih muda aku melihat senyummu -

IKLAN